DARAH TINGGI (HIPERTENSI)

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah terjadinya peningkatan tekanan darah (bukan jumlah darah), karena naiknya curah jantung dan tahanan perifer. Beberapa factor seperti keturunan, aktifasi saraf simpatis, factor hemodinamik, metabolism ginjal dan lainnya mempunyai peranan dalam peningkatan tekanan darah.

Tekanan darah dianggap normal apabila berada di bawah atau sama dengan 140/90 mm Hg. Tekanan darah sama atau di atas 160/95 mm Hg dinyatakan sebagai hipertensi. Antara 140/90 mm Hg sampai 160/95 mm Hg disebut hipertensi peralihan.

Berdasarkan penyebabnya, hipertensi dibagi menjadi dua golongan, yaitu hipertensi esensial atau hipertensi primer yang tidak diketahui penyebabnya, dan hipertensi sekunder atau hipertensi renal yang penyebabnya diketahui. Dari semua kasus hipertensi, 90%-nya tidak diketahui penyebabnya. Dan dari 10% yang dapat diketahui penyebabnya, hanya 50% yang secara pasti diketahui penyebabnya, dan hanya sebagian kecil yang dapat diobati.

Gejala yang timbul berbeda-beda. Umumnya tanpa ada keluhan atau  gejala sama sekali, dan hanya diketahui ketika cek up pengukuran tekanan darah. Namun, bila sudah komplikasi pada ginjal, mata, otak dan jantung baru menunjukkan keluhan. Yang sering berupa sakit kepala, mimisen, pusing atau migraine, berdebar-debar, sulit tidur, nyeri dan pegal di tengkuk, muka merah, gangguan penglihatan, gangguan syaraf, payah jantung, kehilangan kesadaran, stroke dan koma.

Faktor yang memperberat tekanan darah tinggi adalah gaya hidup dengan stress emosi yang berat, makanan yang tinggi kadar lemak dan garamnya, kegemukan, kebiasaan merokok, kurang olah raga, keturunan dan lain-lain. (sebuh dengan satu titik , Dr. wadda’).

TERAPI

Bekam : Dilakukan pembekaman pada titik al kahil, akhda’ain, ummu mughits, titik ginjal, 3-6 cmdi bawah pusar atau di atas pusar  dan iltiwa’.(catatan: pembekaman disesuaikan dengan kondisi pasien. Titik-titik tersebut tidak harus diambil semuanya)

Herba : 1. Minyak Herba jawi 99 (but-but), caranya, minyak dipanaskan kemudian dioleskan pada bagian tengkuk dan bagian tubuh yang sakit.

2. Vitek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: